Sunday 17 August 2014

Yuuk….tengok manfaat makan daun, batang, biji, dan buah sirsak

Yuuk….tengok manfaat makan daun, batang, biji, dan buah sirsak

Sirsak atau nangka belanda, atau biasa disebut juga durian belanda atau bahasa latinnya Annona muricata adalah tumbuhan yang berasal dari Karibia, Amerika, dan Amerika Selatan. Buah yang pohonnya dapat ditanam disegala macam tempat ini, ternyata mempunyai berbagai macam manfaat untuk tubuh kita, baik daging buah sirsak, biji sirsak ataupun daun sirsak. Buah Sirsak sering digunakan untuk bahan baku pembuatan jus dan es krim, buah ini juga mengandung banyak karbohidrat, terutama fruktosa. Selain itu, buah sirsak mempunyai kandungan gizi yang banyak, yaitu mengandung vitamin C, Vitamin B1 dan Vitamin B2 yang sangat melimpah. Tidak hanya itu ternyata, Biji buah sirsak ternyata dapat digunakan untuk Insektisida alami.

Buah Sirsak memang mempunyai manfaat yang banyak bagi kesehatan manusia, mulai dari buahnya yang mengandung banyak vitamin C, kandungan serat nutrisi yang penting bagi tubuh manusia. Akan tetapi tidak hanya itu saja manfaatnya, Daun sirsak ternyata mengandung banyak manfaat untuk pengobatan herbal dan juga menjaga kondisi tubuh. Daun sirsak ternyata mengandung acetogenins, annocatacin, annocatalin, annohexocin, annonacin, annomuricin, anomurine, anonol, caclourine, gentisic acid, gigantetronin, linoleic acid, muricapentocin. Kandungan senyawa tersebut ternyata mempunyai bnyak manfaat bagi tubuh, bisa mengobati penyakit, ataupun meningkatkan kekebalan tubuh manusia.

Pada Tahun 1976 National Cancer Institute telah melakukan penelitian ilmiah dan hasilnya menyatakan batang dan daun sirsak efektif menyerang dan menghancurkan sel-sel kanker. Ini karena kandungannya yang sangat tinggi senyawa proaktif bagi tubuh. serta tidak menyebabkan rasa mual ekstrim, kehilangan berat badan dan rambut rontok. - Daun sirsak memiliki target yang efektif dan bisa membunuh sel-sel ganas bagi 12 jenis kanker, termasuk kanker usus besar, payudara, prostat, paru-paru dan kanker pankreas. - Mampu meningkatkan energi di dalam tubuh. - Menambah stamina dan fitness. - Membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menghindari infeksi yang mematikan. - Mampu mencegah radikal bebas, dan masih banyak lagi khasiat lainnya.

Ternyata sangat banyak manfaat batang, buah, daun sekaligus bijin buah sirsak. Sekian tulisan kali ini, Terimakasih sudah berkunjung ke Blog Serba-Serbi. Semoga Bermanfaat.

Sumber : Wikipedia


No comments:

Post a Comment