Monday 18 August 2014

Waspada Ternyata Makan Mie Instant Pake Nasi Bahaya!!!

Waspada Ternyata Makan Mie Instant Pake Nasi Bahaya!!!


Mie Instan adalah sumber makanan cadangan yang hanya dikonsumsi saat sumber pokok makan (Nasi) tidak ada. Dan ternyata nasi dan mie instan telah menjadi sumber makanan pokok bagi sebagian besar penduduk Indonesia. Jadi biasanya mayoritas warga Negara Indonesia jika akan makan nasi dan tidak punya lauk, mereka akan masak mie instant untuk dikonsumsi sebagai lauk.

Faktor dari sisi praktis, murah, mudah dan enak menjadi pemikat utama para pecinta mie instan. Parahnya lagi menurut mereka jika mie instan ditambah nasi akan menjadi lebih enak. Akan tetapi jika kondisi ini dilakukan secara terus menerus, akan membahayakan kesehatan tubuh anda. Kenapa demikian..? karena pada dasarnya mie instant dan nasi sama2 mengandung kadar karbohidrat dan mengandung kalori yang tinggi.

Jika anda sempat membaca kandungan kalori yang ada pada bungkus mie instant disana rata-rata tertera 400 kalori dalam setiap kemasannya. Dan jika kita mengkonsumsi nasi dengan ukuran sedang dan lauk pauk, ternyata jumlah kalorinya kurang lebih juga sekitar 300-400 kalori. Jadi, jika anda mengkonsumsi keduanya kurang lebih tubuh anda mendapatkan asupan kalori sebanyak 600-800 kalori dalam sekali makan. Padahal rata-rata tubuh manusia dalam setiap harinya hanya membutuhkan asupan kalori sebesar 1200-1500 kalori.

Mengkonsumsi nasi dan mie instant secara bersamaan dapat menaikan indeks glikemik, sehingga gula dalam darah dapat melonjak naik secara drastis. Hal inilah yang menyebabkan tingginya resiko terkena diabetes. Selain itu makan nasi dan mie instan tidak dapat mencukupi gizi lain seperti protein, serat, vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Tingginya kadar kalori dalam mie instant dan nasi dapat menyebabkan obesitas/kegemukan.

Jika memang anda menyukai mie instant, sebaiknya dikurangi setidaknya seminggu 1-2 kali saja, mie instan mengandung garam dan MSG yang sangat tinggi, sehingga jumlah yang terlalu banyak tidak baik untuk kesehatan Anda. Dan juga dari pada anda mengkonsumsi mie instan dengan nasi akan lebih baik jika anda menambahkan sayuran, daging, telur dan lain-lain. Sekian tulisan kali ini, terimakasih sudah berkunjung ke blog Serba-Serbi. Semoga bermanfaat.

Sumber : vemale.com

No comments:

Post a Comment