Monday 18 August 2014

Pilihan Sarapan Ini Dapat Meningkatkan Stamina Otak

Pilihan sarapan ini dapat meningkatkan stamina otak

Sebelum memulai aktifitas, entah itu aktifitas ringan ataupun berat, baiknya diawali dengan sarapan untuk mengisi tenaga setelah tidur dimalam hari. Sarapan yang sehat, seharusnya tidak hanya sarapan yang menyegarkan fisik anda saja, tetapi seharusnya harus menyegarkan otak anda, karena dalam menjalankan aktifitas, tidak hanya fisik saja yang bekerja, otakpun juga ikut bekerja selama satu hari penuh. Untuk itu alangkah baiknya jika sarapan dengan pilihan menu yang dapat meningkatkan stamina otak.

Berikut ini adalah menu sarapan yang tidak hanya menyegarkan fisik anda, tetapi juga meningkatkan stamina otak anda, makanan tersebut antara lain :

1. Telur

Dengan mengkonsumsi telur sebelum beraktifitas, Anda akan mendapatkan manfaat dari kolin yang telah terbukti berperan penting untuk fungsi otak dan memori. sebuah penelitian yang dilakukan terhadap 1.400 responden baik pria maupun wanita dan diterbitkan di dalam American Journal of Clinical Nutrition, orang yang mengonsumsi makanan dengan tinggi kolin akan merasa lebih baik dalam hal mengingat.

2. Anggur

Studi menunjukkan bahwa mengonsumsi berbagai jenis anggur baik yang berwarna hijau, merah, dan hitam, akan memainkan peran penting dalam meningkatkan pertahanan antioksidan seseorang yang baik untuk kesehatan otak. Dalam sebuah penelitian sebelumnya disebutkan bahwa anggur dapat membantu melindungi kesehatan otak dengan cara menangkal stres serta peradangan.

3. Blueberry

Semua buah yangn tergolong berry dipercaya dapat melindungi sel-sel otak dan memainkan peran dalam meningkatkan memori dengan memromosikan komunikasi antara sel-sel di otak. Blueberry kaya akan antioksidan dan fitokimia lainnya yang telah dikaitkan dengan perbaikan fungsi untuk berpikir.

4. Apel

Buah apel kaya akan quercetin, antioksidan yang mampu melindungi sel-sel otak. Menurut para peneliti di Cornell University menyebutkan bahwa quercetin dapat membela sel-sel otak Anda dari serangan radikal bebas.

Berikut tadi adalah beberapa makanan yang dapat dijadikan menu sarapan, untuk menyuplai kebutuhan stamina pada otak. Sekian tulisan kali ini, terimakasih sudah berkunjung ke blog Serba-Serbi. Semoga bermanfaat.

Sumber : Liputan 6

1 comment: