Thursday 21 August 2014

5 Manfaat Mengkonsumsi Jahe

5 Manfaat Mengkonsumsi Jahe

Jahe atau yang bahasa latinnya Zingiber officinale adalah salah satu tanaman rimpang yang sangat kondang sebagai rempah-rempah dan bahan obat. Untuk bentuk rimpangnya berbentuk seperti jemari yang mempunyai ruas-ruas tengah. Salah satu bahan/bumbu masakan ini, biasanya digunakan untuk menghilangkan bau amis pada ikan. Mempunyai rasa dominan pedas yang disebabkan senyawa keton bernama zingeron, bahan ini biasanya digunakan sebagai bahan dasar minuman wedang jahe.

Ternyata manfaat jahe tidak hanya sebagai bumbu pelengkap dan bahan dasar minuman saja masih banyak manfaat lainnya, berikut adalah beberapa manfaat jahe

1 Mencegah perut buncit

Dalam artikel yang ditulis dalam British Journal of Nutrition tahun 2006, jahe ternyata memiliki efek pada regulasi gula darah, kolesterol, dan lemak. Beberapa iris jahe yang direbus dengan air hangat dan dikonsumsi sebelum makan bisa meningkatkan metabolisme dan melancarkan pencernaan. Peningkatan inilah yang membuat Anda cepat membakar kalori dan meratakan perut.

2 Meningkatkan nafsu makan

Dan ternyata jahe dapat meningkatkan nafsu makan. Jadi bagi Anda yang memiliki anak, keponakan, teman atau kerabat lainnya yang nafsu makannya rendah anda bisa memberikan sedikit parutan jahe mentah sebelum makan. Niscaya, nafsu makannya akan meningkat. Tidak hanya itu, ternyata jahe juga mampu menyerap nutrisi penting dalam tubuh.

3. Mengurangi Rasa Mual

Rasa mual seringkali diderita oleh orang yang berhenti merokok karena nikotin. Rasa mual tersebut terjadi karena nikotin menimbulkan reaksi penarikan di perut. Tapi tenang saja, anda dapat mengkonsumsi jahe. Cobalah dengan mengunyah setengah ruas jahe dapat membantu Anda atasi rasa mual di perut. Jika tak kuat dengan rasa pedasnya, bisa ditambahkan madu.

4 Menghilangkan setres

Ternyata mengkonsumsi minuman wedang jahe tidak hanya menghangatkan tubuh kita saja. Masih ada manfaat lainnya, manfaatnya adalah dapat menghilangkan setres. Jahe mengandung antioksidan kuat, gingerol, yang membantu membersihkan bahan kimia berbahaya tubuh yang dihasilkan ketika kita khawatir, sehingga jahe dapat membantu stres psikologis juga," jelas ahli gizi, Alice Mackintosh.

5. Mengobati radang sendi

Selain dikonsumsi sebagai pengobatan dalam, jahe pun dapat digunakan sebagai obat luar. Aktivitas berat tentu membuat sendi-sendi di tubuh terasa nyeri. Untuk mengatasinya, Anda bisa gunakan jahe yang sudah ditumbuk halus dan telah dicampur dengan garam batu dan madu. Campuran ini kemudian dibalurkan ke daerah sendi yang terasa sakit. Jahe memiliki efek anti-inflamasi sehingga bisa membantu kita meringankan rasa sakit karena nyeri sendi.

Berikut tadi adalah beberapa manfaat mengkonsumsi jahe. Sekian tulisan kali ini, terimakasih sudah berkunjung ke blog Serba-Serbi. Semoga bermanfaat.

Sumber : Wikipedia; Detik




No comments:

Post a Comment